Saturday, November 15, 2008

Takziah Untuk Almarhum Teungku Ridwan Haji Mukhtar

Komite Persiapan Acheh Merdeka Demokratik
(Komité Peukeumah Atjeh Merdehka Demokratik)

Sekretariat:
Kutaradja, Acheh
New York, United States
Stockholm, Scandinavia
committee@freeacheh.info www.freeacheh.info

Takziah Untuk Almarhum Teungku Ridwan Haji Mukhtar

Bismillahirrahmanirrahim
Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun

Bangsa dan Rakyat Acheh kembali kehilangan salah seorang pejuang demokrasi, hak asasi manusia dan hak penentuan nasib sendiri (self-determination). Beliau adalah Almarhum Tgk. Ridwan Haji Mukhtar, yang telah berpulang ke pangkuan Allah SWT pada 4hb Agustus 2008 di Kutaradja.

Komite mengirimkan rangkaian Al-Fatihah dan ucapan Selamat Jalan untuk Almarhum, semoga arwah beliau mendapat tempat yang paling layak di alam kekal. Dukacita yang terdalam turut Kami hantarkan kepada seluruh keluarga dan handai taulan Almarhum yang ditinggalkan.

Kepergian Almarhum mengingatkan kita betapa banyak dari para pejuang dan putera-puteri terbaik tanah rencong yang telah meninggalkan kita di dalam usia yang masih muda. Baik mereka yang dibunuh oleh pendudukan Indonesia dalam perang Acheh terakhir, seperti Almarhum Musliadi, Djafar Siddiq Hamzah, Tgk Alkamal, Ishak Daud dan sejumlah tokoh muda penting lainnya, dan tak lupa pula mereka yang berpulang di masa Tsunami. Oleh karena itu, bagi suatu bangsa yang ingin hidup maju dan bermartabat, kita yang ditinggalkan perlu melahirkan generasi penerus perjuangan, yang senantiasa bercermin kepada sikap dan kepribadian para pahlawan bangsa yang telah tiada.

Komite mengetahui dengan seksama yang mana Almarhum telah menyumbangkan segalanya untuk perjuangan rakyat Acheh sejak revolusi 1998 lalu, ketika beliau menempuh segala resiko untuk menyuarakan amanat referendum dengan damai. Almarhum Tgk Ridwan telah berjuang tak kenal lelah untuk bangsa yang dicintai, dengan jujur dan bijaksana. Serta memegang teguh pada prinsip dan harga diri. Semoga kesan dari perjuangan dan kehidupan beliau yang sederhana, menjadi tauladan bagi kita semua, sekaligus terpahat sebagai kenangan abadi di hati seluruh putera-puteri bangsa Acheh.

Akhir kata, kami ucapkan selamat jalan Teungku Ridwan, selamat jalan sang Pahlawan.

New York, 05 Agustus 2008
Atasnama seluruh anggota Komite

Eddy L Suheri
Jurubicara

No comments: